Nama dan Khasiat Bambu Unik

5 Apr

BAMBU UNIK

Alam telah melahirkan bermacam bentuk bambu-bambu yang tumbuh secara tidak normal dan  unik. Keunikan tersebut bisa meliputi batang, ruas dan ranting. Bambu normal biasanya berbatang lurus mulai dari pangkal hingga ujung dan tidak bercabang. Keadaan abnormal pada batang dan ranting dan dikategorikan unik bila batang bambu dan atau ranting-rantingnya bercabang dua atau lebih. Termasuk batang yang dalam keadaan normal tumbuh lurus ke atas menjadi unik karena tumbuhnya bengkok, melingkar atau menghadap ke bawah.

Pada keadaan normal semua ranting bambu menghadap ke atas. Bila ada ranting yang tumbuh terbalik, maka bambu tersebut menjadi abnormal. Pertumbuhan ranting bambu abnormal yang lain adalah ruas yang  melilit, seakan tidak saling bertemu.

Pertumbuhan ranting selalu mengikuti pertumbuhan ruas. Bila terdapat ruas yang melilit, maka ranting bambu tersebut juga akan tumbuh melilit mengikuti ruasnya.

Ranting bambu, normalnya tumbuh zig-zag dan hanya berjumlah satu, dan menjadi abnormal apabila ranting-ranting bambu tumbuh lebih dari satu pada ruas dengan posisi bertolak belakang. Banyak keunikan lainnya yang ditemukan, seperti kombinasi cabang dan ruas, cabang dan ranting, batang-ruas dan ranting.

 

Bambu Patil Lele

Bambu Patil lele adalah bambu dimana ranting-rantingnya tumbuh bertolak belakang. Disebut patil lele karena mirip dengan sirip tajam yang tumbuh di bagian kiri kanan tubuh pada ikan lele. Bambu Patil lele yang sebenarnya adalah yang rantingnya tumbuh pada satu ruas. Bambu Patil Lele yang ranting-rantingnya tumbuh pada dua ruas yang berdempetan bukan dikategorikan bambu patil lele. Ranting patil lele yang tumbuh pada bambu Ori kadangkala berbentuk duri.

Dari sisi supranatural, bambu Patil Lele mempunyai khasiat sebagai tumbal bila orang budi daya udang atau ikan di tambak atau kolam.

Beberapa kombinasi bentuk patil lele: Patil Lele biasa, yaitu patil lele yang ranting-rantingnya tumbuh berlawanan pada salah satu ruasnya; Patil Lele Tapak Jalak, yaitu ranting-rantingnya tumbuh berlawanan pada ruas yang satu dan ruas berikutnya; Patil Lele Carang, yaitu pada satu ruas tumbuh lebih dari dua ranting dengan ukuran hampir sama.

Perhatikan gambar di bawah, perbedaan terlihat cukup mencolok pada rantingnya.

CIMG4286aCIMG402ajkkia

Patil Lele bisa hanya pada satu ruas, dapat pula tumbuh  lebih dari satu ruas, bahkan terdapat patil lele sampai susun sembilan. Semakin banyak patil lele semakin langka dan energi positif yang ditimbulkan  juga semakin besar.

Bambu Pethuk (Jw : Pring Pethuk)

Bambu Pethuk (pethuk artinya bertemu) sendiri adalah bambu dimana dalam satu buku-buku terdapat ranting yang tumbuh melawan arah  dan berhadapan dengan ranting lawannya. Bambu ini seringpula disebut sebagai Pring temu ros (bhs Ind : Bambu bertemu ruas). Ros,  dalam bahasa jawa berarti ruas, dan pring temu ros dalam filosofi jawa diartikan sebagai bambu yang memiliki khasiat dapat meningkatkan ros = roso/rasa, perasaan, keinginan.

Kualitas bambu pethuk dapat dibedakan klasifikasi berdasarkan jenis bambunya; bumpet (tidak berongga) atau berongga seperti bambu pada umumnya serta ranting-ranting yang tumbuh.

Bambu Cabang (Bambu Sampit, Bambu Belah)

Bambu yang tidak kalah uniknya adalah bambu yang batang atau rantingnya bercabang atau seakan-akan terbelah, sehingga ada yang menyebutnya sebagai Bambu Belah. Cabang bambu selalu dimulai dari salah satu ruasnya. Biasanya bagian pangkal cabang-cabang tersebut masih menyatu, dan pada ruas berikutnya baru memisahkan diri menjadi cabang.

Bagian yang bercabang dapat terdiri lebih dari dua cabang atau lebih,  semakin banyak cabang semakin langka dan menjadi lebih unik bambu tersebut. Adakalanya ditemukan cabang-cabang yang membentuk seperti jari manusia (contoh foto dibawah ini).  Banyak bambu belah hanya terdiri dari dua cabang.

CABANY

 

Bambu Berlubang

Bambu berLubang banyak dan teratur pada setiap buku-bukunya, bentuknya menjadi seperti bangunan bertingkat dengan lubang jendela yang besar-besar. Nama mistis bambu ini adalah Bambu Tongtong Seribu.

Lubang-lubang pada bambu ini bukan terjadi karena dimakan binatang (kumbang ataupun kelelawar), namun sejak tumbuh sudah mempunyai lubang-lubang. Pada waktu ditemukan lubang-lubang tersebut biasanya masih tertutup “slumpring”, yaitu kelopak yang biasanya menutupi buku-buku pada pucuk bambu atau bagian buku-buku bambu yang masih muda.

Kombinasi dari bambu lubang dan ranting akan menjadi semakin unik bentuknya. Beberapa ranting kadangkala tumbuh menembus lubang-lubang batangnya. Bahkan adapula yang tumbuh dari bagian dalam ruas.

lubangmg lubanggg

Bambu yang rantingnya menembus batang pada foto kanan dijuluki Bambu Ngrogo Sukmo atau berarti bambu “menembus sukma”.

Bambu Lilit

Disebut Bambu Lilit karena ruasnya tumbuh seperti melilit sehingga buku-bukunya seakan-akan juga ikut melilit. Bambu ini termasuk unik dan juga langka.

Semakin banyak lilitan semakin langka dan besar energinya. Jumlah lilitan minimal dua dan maksimal tak terbatas, bisa mencapai belasan lilitan bahkan lebih. Apabila lilitannya banyak maka bentuknya mirip sekali seperti spiral. Dan, apabila bentuk lilitan tersebut dikombinasikan dengan ranting-ranting yang tumbuh, maka bentuknya akan menjadi sangat unik dan menarik.

Secara khusus bambu lilit mempunyai khasiat menolak energi negatif yang kuat seperti guna-guna, santet dan gangguan metafisik yang buruk yang sengaja ataupun tidak sengaja.

CIMG4325a bbkm1aCIMG42m83a

Perhatikan foto sebelah kiri dan tengah, lilitan yang dihasilkan membentuk seperti simbol Yin Yang, yaitu simbol yang berasal dari kebudayaan cina yang berarti “keseimbangan”, mempunyai energi kuat  sekali untuk menolak energi negatif.  Motif Yin-Yang ini juga terdapat pada sisi baliknya. Sedangkan pada foto sebelah kanan, pada lilitan tertentu ranting-rantingnya  tumbuh membentuk seperti patil lele.

 Bambu Buta dan Bambu Buntu/Bumpet

Pada umumnya, setiap ruas batang bambu tumbuh pethel/ranting , namun tidak demikian dengan bambu buta.  Disebut  Bambu Buta, karena pada salah satu atau  pada beberapa ruasnya sama sekali tidak ditumbuhi pethel atau ranting. Bagian batang yang  ruasnya tidak ada pethel/ranting tersebut disebut bambu Buta.

Bambu Buta dapat ditemukan pada hampir semua jenis bambu, utamanya bambu Ori, Rampal dan bambu Ampel.

Bambu Buntu atau Bambu Bumpet  adalah bambu yang buku-bukunya tidak berongga/berlubang, menjadi seperti batang pohon tanaman lain. Berbeda dengan bambu buta, biasanya semua batang dari pangkal hingga pucuk pohon bambu pada bambu ini seluruhnya ”buntu” atau tidak berongga.

 Bambu Kosong (Jw :  Bumbung Wung-Wang)

Adalah bambu yang salah satu, beberapa atau bahkan seluruh ruasnya bagian dalam tidak ada sekat sehingga tidak ubahnya sebuah pipa.  Bambu dengan keanehan seperti ini termasuk langka dan sulit ditemukan.

Selain jenis-jenis bambu seperti di atas, ada bagian-bagian bambu yang juga cukup unik dan bahkan dianggap mempunyai khasiat tertentu, yaitu bunga bambu yang mempunyai khasiat sebagai pelarisan atau mahabah.

Selain itu, didalam batang bambu sering ditemukan air bambu yang cukup banyak yang mengisi rongga buku-bukunya. Menurut beberapa orang air bambu diyakini dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit seperti darah tinggi, kolesterol dan sebagainya, dengan cara diminum.

Banyak sekali bambu unik ditemukan di alam Indonesia. Di bawah ini beberapa contoh bambu unik beserta nama “mistis”nya dan juga khasiatnya.Bambu Silih Asih, Bambu Jrejet Codoh, Bambu Carang Lanang

Kegunaan dari bambu-bambu ini adalah untuk tumbal dan pelarisan di toko/kios agar para pembeli berdatangan dan barang dagangan cepat dan banyak laku dijual.

Cara penggunaannya : bambu ini dibungkus kain putih dan digantungkan di atas pintu masuk bagian dalam. Bisa juga digantungkan di atas plafon.

cabanga

Bila digunakan oleh para sales marketing, sebaiknya bambu ini disimpan di tas kerja dan dibawa sehari-hari pada waktu menghadapi calon pelanggan.

Tiga bambu ini adalah jenis bambu cabang, yang berasal dari bambu Ori.

Bambu unik lainnya seperti Bambu Nogo Gandu dan Bambu Tapak Nogo, adalah bambu-bambu untuk menjaga keamanan rumah tangga dari segala macam gangguan yang datang. Dapat juga untuk menjaga tempat-tempat usaha seperti kantor, pabrik dan toko.

nogoa

 Selain menjaga keamanan, bambu ini juga mempunyai khasiat memperlancar rezeki.

Cara pengggunaannya, bambu ini dibungkus kain putih kemudian digantungkan di atas pintu masuk bagian dalam rumah, kantor, pabrik atau toko.

Kami banyak mempunyai koleksi bambu-bambu unik. Semua bambu kami mempunyai identitas yakni jenis, nama dan khasiatnya.

Apabila diantara pembaca berminat memiliki, kami akan menjualnya.

Hubungi KAMI……………….08214156608, kami siap membantu anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: