Bambu Pethuk

5 Apr

BAMBU PETHUK

CIMGJ4jhjj301

Yang dimaksud dengan bambu pethuk adalah bambu dimana  kedua ranting masing-masing  tumbuh pada satu buku-buku. Bambu pethuk ini digunakan sebagai metafora orang yang mudah bertemu rasa (perasaannya tajam), sehingga dijuluki sebagai “Bambu Temu Ros” yang berarti “bambu bertemu roso (rasa)”. Karena “Ros” dalam bahasa jawa berarti ruas maka kemudian banyak  orang beranggapan salah bahwa bambu pethuk berarti bambu yang ruasnya bertemu atau posisi ruasnya berhadapan.  Kemudian ketidak tahuan tersebut berkembang menjadi pengetahuan umum yang salah.

Mistik Bambu Pethuk

Jenis bambu unik yang paling langka dan dianggap sangat mistis adalah bambu pethuk (jw : pring pethuk).  Untuk menemukan bambu pethuk tidak seperti cara menemukan bambu-bambu unik lainnya. Banyak persyaratan lahir dan bathin yang harus dipenuhi apabila ingin mendapatkan bambu ini.

Banyak cerita yang berkembang mengenai bambu unik khususnya bambu pethuk di dunia mistik. Namun jarang sekali yang menyinggung bagaimana proses menemukan dan mengambil bambu pethuk.

Diyakini bahwa dimanapun barongan (rumpun bambu) yang didalamnya terdapat bambu pethuk, maka tempat tersebut pasti mengandung kegaiban dan angker. Batang bambu yang ditumbuhi bambu pethuk dapat dipastikan dijaga oleh lelembut, umumnya gendruwo, kuntilanak atau wewe (sejenis kuntilanak). Para penunggu selalu menyembunyikan bambu pethuk tersebut sehingga seseorang dengan mata biasa tidak akan dapat melihat adanya benda tersebut. Hanya orang tertentu yang dapat mendeteksi keberadaan benda tersebut, walaupun belum tentu bisa mengambilnya.

Sebagaimana benda-benda keramat, untuk mendapatkan bambu tersebut selalu melalui proses ritual yang penuh dengan persyaratan baik fisik maupun non fisik.

Kegunaan dan khasiat bambu pethuk dikenal banyak orang sebagai tumbal rumah wallet, tumbal show room, pabrik atau toko. Sesuai dengan namanya, maka tujuan menggunakan bambu pethuk sebagai tumbal adalah agar segala sesuatu yang diharapkan dapat ditemukan (jw : Temu Roso)

Sedemikian manjurnya pengaruh bambu pethuk, tidak saja membuat para pengusaha kaya berlomba-lomba mencari untuk mendapatkannya dengan nilai atau harga yang kadangkala fantastis, para supranaturalpun juga berlomba-lomba ingin memiliki.

Bentuk dan sebutan Bambu Pethuk

Kombinasi pertumbuhan pethel/ranting dan ruas menghasilkan berbagai bentuk yang dengan sendirinya juga unik. Sebutan bambu pethuk sesuai dengan bentuk dari bambu-bambu tersebut, seperti Badar, Satrio, Gunung, Singkir, Senopati dan banyak lagi sebutan yang diberikan kepada masing-masing bentuk bambu pethuk. Namun, ada beberapa bentuk yang lain dari bambu pethuk tidak mempunyai sebutan atau nama, karena beragamnya bentuk dan kombinasinya.

Sebenarnya nama-nama yang diberikan kepada bambu-bambu pethuk ini semata-mata didasarkan pada bentuk yang dihasilkan oleh kedua pethel/ranting yang masing-masing tumbuh berhadapan bukan berdasarkan “nama asli” atau nama sesungguhnya yang dipunyai oleh bambu-bambu tersebut. Nama Asli adalah nama mistis dari bambu. Dapat dikatakan bahwa yang dimaksud nama mistis adalah nama penunggu/nama gaib dari bambu.  Nama-nama asli khusus bambu  pethuk disini dengan alasan tertentu sengaja tidak dicantumkan.

Walaupun secara umum semua bambu ini mempunyai energi dan pengaruh positif, beberapa bambu dengan tujuan tertentu dianggap kurang tepat untuk dijadikan “tumbal”, seperti bambu  Pekik Langka atau Tulak, kurang cocok untuk  rumah walet.

petukkukaCIMG43m6Presmka

Bambu Pethuk (foto 1) dijuluki bambu pethuk Badar, sedangkan foto 2 dijuluki bambu pethuk Gunung walau tumbuhnya kurang sempurna. Kedua bambu ini berasal dari pokok batang bambu rampal dan betung (petung).

Kedua bambu pethuk di atas masing-masing mempunyai bentuk yang sempurna. Sedangkan beberapa bambu pethuk bisa saja mempunyai bentuk yang unik sekali (foto 3 dan 4) karena adanya kombinasi dari pertumbuhan ruas dan ranting.

Bambu pethuk ini pada foto 3 memiliki nama mistik “Bambu Jrejet Malik Penganten” merupakan kombinasi dari ranting tumbuh terbalik dan ranting duri bercabang. Bambu pada foto 4, pada buku-buku tumbuh dua ranting besar pada bagian bawah sedangkan pada bagian atas tumbuh ranting kecil dibawah ruas diatasnya, membentuk ranting saling berhadapan menjadi bambu pethuk. Bambu pethuk ini memiliki nama mistik “Bambu Malik Penganten”.

Sekarang ini nama Bambu Pethuk sudah  popular di dunia bisnis barang-barang antik yang berunsur mistik. Banyak orang yang mengaku sebagai pembeli dengan memberi nilai sangat tinggi, mungkin ratusan juta atau bahkan milyaran rupiah, demikian pula yang mengaku sebagai pemilik bambu pethuk. Tidak terhitung para mediator yang ikut andil dengan pengharapan akan mendapatkan keuntungan besar dari bisnis bambu pethuk. Kenyataannya, karena sulitnya memperoleh barang yang benar-benar asli dan alami, maka banyak petualang yang mengambil kesempatan dalam kesempitan ini dengan cara membuat atau merekayasa bambu biasa menjadi bambu pethuk.

Ribuan bambu pethuk palsu diproduksi dengan harga yang sangat murah. Dan, ribuan pula bambu pethuk aspal (asli tapi palsu) dibuat dan diperdagangkan oleh para pemalsu. Oleh sebab itu kita sering terkecoh dengan adanya barang palsu ini.  Media yang biasa digunakan untuk membuat bambu pethuk palsu biasanya lem, paku, cat atau dempul.  Kalau hanya melihat fisiknya saja, kadangkala kita sulit membedakan apakah benda tersebut asli atau palsu.  Namun, bagi para ahli kebatinan hal tersebut tidak menjadi masalah, karena bambu pethuk asli pasti mengandung energi yang sangat besar, selain energi yang ditimbulkan oleh “penunggu” bambu tersebut.  Sebagai contoh seperti gambar di bawah ini, merupakan bambu-bambu pethuk aspal (asli tapi palsu).

petukpalsukendita

Bambu pada foto 1 dan 2 asalnya bukan bambu pethuk, kemudian pada salah satu ruas dibuatlah seakan-akan ruas terbalik dengan cara meraut dan membentuknya dengan pisau, sehingga jadilah bambu pethuk yang seakan-akan asli.

Bambu unik (foto 3 dan 4) yang bentuknya mirip dengan bambu pethuk adalah bambu yang disebut Kendit.

Kedua bambu pada foto 3 dan 4  pertumbuhan ruas-ruasnya cukup unik, dimana di atas ruas yang ditumbuhi ranting dengan ukuran relatif besar tumbuh semacam ruas, padahal merupakan cacat batang saja.

—————————————————————————————————————————————

Kami mempunyai beberapa koleksi bambu pethuk asli. Bagi yang berminat dapat menghubungi kami (no. hp.

082141516608)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: